Rabu, 27 Juni 2012

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Secara umum cara membuat surat lamaran kerja terbagi menjadi beberapa struktur surat lamaran yaitu alamat surat, alamat pengirim, tanggal surat, salam pembuka, isi surat dan salam penutup.

Alamat pengirim. Terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, atau email. Alamat pengirim dicantumkan di sebelah kanan atas. Pastikan semuanya mudah dibaca.
Contoh:
Andini Wijaya, SE JL Kebun Jeruk 24 Telp. 0274-672678 HP 08133441234

Tanggal. Tulislah tanggal penulisan lamaran sebagai indikasi tanggal informasi dan hal-hal lain yang berhubungan. Tanggal surat dicantumkan dua atau tiga baris di bawah alamat
pengirim.
Contoh: Jakarta, 22 September 1976.

Nama yang dituju dan jabatannya. Dapatkan nama orang yang dituju, diikuti dengan nama jabatan, nama perusahaan, alamat, kota, dan kode pos. Kode jabatan atau nomor referensi untuk posisi yang telah diiklankan. Untuk yang tidak diiklankan, cukup ditulis nama jabatan. Nama perusahaan harus ditulis lengkap di baris pertama, diikuti nama gedung di baris kedua, dan nama jalan pada baris berikutnya.
Salam pembuka. Coba cari salam yang bersifat umum dan formal, jangan terlalu kedaerahan atau religius.

Alinea pembuka. Sebaiknya di bagian ini berisi ringkasan dari tujuan surat. Namun, harus diingat bahwa ada skor tersendiri bagi pembaca dalam mengidentifikasi iklan atau posisi yang Anda lamar pada bagian awal surat Anda. Karena itu, biarkan kalimat pembukaan ini jelas dan langsung pada pokok persoalan. Kalimat kedua surat lamaran kerja Anda harus dapat menarik perhatian si pembaca.

Alinea kedua. Di bagian ini, usahakan mengarahkan surat pada visi dan misi. kebutuhan, tujuan perusahaan, serta bagaimana Anda bisa memberikan kontribusi pada mereka. Di alinea ini, bukan hanya kualifikasi yang tertulis dalam CV, tetapi juga pendidikan, keterampilan, hobi. dan karakteristik lainnya yang relevan, bisa memberikan nilai tambah bagi Anda. Inilah yang akan membuat Anda berbeda dengan para pelamar lain meskipun berlatar belakang pendidikan yang sama.

Alinea penutup. Bagian penutup sebaiknya diisi ucapan terima kasih dan harapan Anda, yang menginginkan untuk mendapatkan balasan dari pihak perusahaan.

Salam penutup. Gunakan salam penutup yang baik dan lazim.
Tanda tangan dan nama terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar