Secara umum cara membuat surat lamaran kerja terbagi menjadi beberapa struktur surat lamaran yaitu alamat surat, alamat
pengirim, tanggal surat, salam pembuka, isi surat dan salam penutup.
Alamat pengirim. Terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, atau email.
Alamat pengirim dicantumkan di sebelah kanan atas. Pastikan semuanya mudah
dibaca.
Contoh:
Andini Wijaya, SE JL Kebun Jeruk 24
Telp. 0274-672678 HP 08133441234
e-mail: xxxx@yahoo.com
Tanggal. Tulislah tanggal penulisan lamaran sebagai indikasi
tanggal informasi dan hal-hal lain yang berhubungan. Tanggal surat
dicantumkan dua atau tiga baris di bawah alamat
pengirim.
Contoh: Jakarta, 22 September 1976.
Nama yang dituju dan jabatannya. Dapatkan nama orang yang dituju, diikuti dengan
nama jabatan, nama perusahaan, alamat, kota, dan kode pos. Kode
jabatan atau nomor referensi untuk posisi yang telah diiklankan. Untuk
yang tidak diiklankan, cukup ditulis nama jabatan. Nama perusahaan
harus ditulis lengkap di baris pertama, diikuti nama gedung di baris
kedua, dan nama jalan pada baris berikutnya.
Salam pembuka. Coba cari salam yang bersifat umum dan formal, jangan
terlalu kedaerahan atau religius.
Alinea pembuka. Sebaiknya di bagian ini berisi ringkasan dari tujuan
surat. Namun, harus diingat bahwa ada skor tersendiri bagi pembaca
dalam mengidentifikasi iklan atau posisi yang Anda lamar pada bagian
awal surat Anda. Karena itu, biarkan kalimat pembukaan ini jelas dan
langsung pada pokok persoalan. Kalimat kedua surat lamaran kerja Anda
harus dapat menarik perhatian si pembaca.
Alinea kedua. Di bagian ini, usahakan mengarahkan surat pada visi dan
misi. kebutuhan, tujuan perusahaan, serta bagaimana Anda bisa memberikan
kontribusi pada mereka. Di alinea ini, bukan hanya kualifikasi yang tertulis
dalam CV, tetapi juga pendidikan, keterampilan, hobi. dan karakteristik lainnya
yang relevan, bisa memberikan nilai tambah bagi Anda. Inilah yang akan membuat
Anda berbeda dengan para pelamar lain meskipun berlatar belakang pendidikan
yang sama.
Alinea penutup. Bagian penutup sebaiknya diisi ucapan terima kasih dan
harapan Anda, yang menginginkan untuk mendapatkan balasan dari pihak
perusahaan.
Salam penutup. Gunakan salam penutup yang baik dan lazim.
Tanda tangan dan nama terang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar