Jumat, 11 Januari 2013

WBS PENULISAN ILMIAH



Pengertian dari WBS :
Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
1.      Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
2.      WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

Manfaat dari WBS :
Manfaat daftar pekerjaan pada WBS, akan dapat diperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. Perkiraan bisa dilakukan dengan mempertimbangan beberapa hal, antara lain ketersediaan sumber daya dan kompleksitas.

Struktur WBS :
Struktur dalam WBS mendefinisikan tugas-tugas yang dapat diselesaikan secara terpisah dari tugas-tugas lain, memudahkan alokasi sumber daya, penyerahan tanggung jawab, pengukuran dan pengendalian proyek. Pembagian tugas menjadi sub tugas yang lebih kecil tersebut dengan harapan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan dan diestimasi lama waktunya.

Struktur Work Breakdown Structure (WBS)







Struktur WBS pada Website Apotek Arrati

Dapat dilihat dari gambar di atas, yang dijadikan project adalah pembuatan Website Apotek Arrati. Pada level 1 menjelaskan project apa yang akan kita rancang atau sebagai judul dari sebuah perancangan yang akan kita buat. Dibagian level 2 terdapat 3 komponen yaitu : Service, Hardware, Software.
Service (Pelayanan) menjelaskan bentuk pelayanan apa saja yang diberikan dari Website Apotek arrati. Dari pelayanan ini customer dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam hal pemesanan , cara transaksi, regulasi transaksi maupun produknya.
Hardware menjelaskan Perangkat keras apa saja yang digunakan selama dalam pembuatan Website Apotek Arrati. Dalam bagian ini menjelaskan spesifikasi hardware yang digunakan.
Software menjelaskan Perangkat lunak apa saja yang digunakan dalam pembuatan Website Apotek Arrati.
Jadi WBS sangatlah penting digunakan dalam proses perencanaan sutau penulisan ilmiah, dan dengan WBS kita bisa memilah-milah data menjadi lebih kecil/details sehingga mudah untuk dimengerti.
Dalam pembuatan website ini, penulis menggunakan struktur navigasi untuk menjelaskan urutan website tersebut. Peta navigasi mempunyai beberapa ciri khas yang dapat digolongkan menurut kebutuhan akan objek, kemudian pemakaian, keinteraktifannya, dan kemudahannya membuatnya yang berpengaruh terhadap waktu pembuatan suatu website. Pada Website Apotek Arrati  ini, penulis menggunakan struktur navigasi non-linear. Struktur navigasi dari website ini adalah sebagai berikut:
Berikut Story Board dari Pembuatan Website Apotek Arrati:


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar